Proses mendesain di mata kuliah DKV2
Perkenalkan nama saya Latifah Jahro, NPM 202146500162, kelas R5B. Mahasiswi Semester 5 di Universitas Insraprasta PGRI jurusan Desain Komunikasi Visual atau biasa disingkat dengan DKV fakultas Bahasa dan Seni. DKV2 merupakan mata kuliah jurusan DKV di semester 4, sebelumnya ada juga DKV 1 disemester 3 dan DKV3 di semester 5. Berikut proses merancang desain logo UMKM.
Logo merupakan sebuah identitas yang mewakili suatu arti dari perusahaan. logo di buat untuk menggambarkan karakteristik secara singkat agar mudah diingat dan dikenal oleh konsumen. Dalam proses merancang, yang pertama saya dan teman-teman saya lakukan yaitu mencari UMKM yang akan kami branding. setelah mendapatkan UMKM yang diinginkan kami memutuskan untuk membranding UMKM dari Ayam Bakar Solo Pak Agus.
- Mengumpulkan Creative Brief dimana saya melakukan riset mengenai UMKM yang akan di branding dengan mencari ciri khas dari umkm tersebut, profile client, target audiens, pesaing, kelemahan, keunggulan dan lain-lain.
- Membuat Mind Mapping, mengelompokkan beberapa ide dalam bentuk kerangka yang terstruktur
- Membuat Moodboard, mengumpulkan potongan-potongan gambar untuk dijadikan sebagai acuan awal dalam proses pembuatan logo UMKM seperti,
- Tone dan Manner Board,
- Projeck Profile Board,
- Competitor board,
- Custumer Profile Board,
- Past Projeck Profile Board.
- Selanjutnya merancang Mortofological Matrix, menentukan Elements dan Visual Solutions.
- Membuat Alternatif Logo dengan berbagai bentuk, ukuran, warna, font yang berbeda.
- Membuat konsep Logo, penjelasan konsep dari alternatif yang sudah dibuat.
Setelah Proses ini, barulah kelompok saya membuat Graphic Standart Manual (GSM) yang merupakan sebuah buku atau pedoman yang berisikan tentang aturan logo, pemilihan font, layout, pattern dan segala elemen yang digunakan. berikut Mockupnya.
Komentar
Posting Komentar